Kamis, 15 Mei 2008

MEMAHAMI BACAAN

A. Memahami dan Menanggapi Isi Bacaan

Memahami isi bacaan berarti menangkap seluruh isi bacaan tersebut secara benar.

Contoh kalimat

Pencemaran lingkungan oleh limbah rumah tangga,lingkungan,peternakan,dan industri sering mengakibatkan terjadinyagangguan terhadap kesehatan manusia.

Tanggapan terhadap pernyataan tersebut bisa berupa persetujuan, misalnya dengan tindakan pemeliharaan kebersihan lingkungan.

B. Membaca Dalam Hati Sebuah Artikel

Membaca dalam hati adalah cara membaca dengan tidak dikeraskan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca dalam hati adalah mata dan ingatan.

C. Membaca Kesesuaian Pertanyaan dengan Bacaan

Membaca dengan didasari pertanyaan merupakan cara membaca yang sangat baik. Dengan cara demikian, kita akan selalu waspada dan selalu siap pada setiap bagian yang dikemukakan dalam bacaan itu.

D. Menanggapi Isi Berita Dalam Surat kabar Atau Majalah

Menanggapi berita berarti kita bertindak evaluatif & bersikaf objektif terhadap informasi actual yang kita terima. Bertindak evaluatif yaitu melakukan penilaian. Bertindak Objektif berarti kita menghadapi berita itu secara apa adanya.

1

E. Menentukan Fakta dan Pendapat dari Bacaan

Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Pendapat atau opini ialah pikiran atau tanggapan, terhadap sesuatu hal.

F. Menentukan Suatu Konsep Berdasarkan Informasi yang Disajikan

Konsep adalah rumusan abstrak tentang suatu kata atau hal. Konsep dapat diidentifikasi melalui sejumlah cirri atau data yang terdapat dalam kata itu. Misalnya, Untuk memahami konsep adil dapat diidentifikasi melalui penerapan kata yang digunakan oleh masyarakat.

(1). Kak, kalua kue harus adil, dong!masa saya kebagian sepotong.

(2). Keadailan di negeri kita belum berjalan dengan baik. Buktinya kesenjangan hidup antara satu daerah dengan daerah lain masih begitu menganga.

Dari pernyataan itulah kita dapat memperoleh gambaran tentang konsep adil. Secara umum adil bermakna perlakuan yang sama atau seimbang.

G. Membaca Sekilas Berbagai Bacaan dan Mencatat Gagasan Pokok

Membaca sekilas (skimming) adalah jenis membaca yang menuntun mata bergerak cepat dalam melihat dan memperlihatkan materi bacaan.

Tujuan membaca sekilas

1). Menentukan materi-materi tertentu secara cepat

2). Menentukan gagasan umum dari materi yang dibaca.

H. Menyimpulkan Isi Berita yang Benar

Menyimpulkan isi berita berarti menanggapi pernyataan-pernyataan suatu pemberitaan.

Pihak berwajib dibantu warga masyarakat dan nelayan Dsa Tanjungsari, juana,Kabupaten pati hingga JUmat masih terus melakukan upaya pencarian terhadap dua nelayan. Kedua nelayan tersebut hilang di laut setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam ditabrak kapal, di perairan Juana Pati.

2

Kesimpulan yang dapat dirumuskan dari penggalan berita diatas adalah bahwa masyarakat nelayan Tanjungsari memiliki keperdulian yang tinggi terhadap sesamanya.

I. Membaca Nyaring

Membaca nyaring merupakan membaca dengan disuarakan, yakni dengan tujuan agar pembaca dengan orang lain atau pendengar secara bersama-sama dapat memahami pikiran dan perasaan pengarang.

Hal yang harus pembaca tahu :

Kapan ia harus melakukan jeda panjang & jeda pendek

Kata apa yang harus dinyatakan secara semangat atau lembut

J. Membaca Undang-Undang, Peraturan dan Tata Tertib

Undang-undang merupakan karya tulis yang mengandung kaidah-kaidah hokum.

Karena sifatnya permanent, kita tidak bisa sekehendak hati mengubah teks tersebut ke dalam bentuk lain. Hal ini sekaligus berfungsi sebagai bahan kesejarahan. Karena itu, baik ketika membaca atau menuliskanya, dituntut untuk memperlakukan secara hati-hati, mempertahankan kemurnian & orsinalitasnya dengan tidak menambah-nambah ataupun mengurangi.

K. Membaca Novel

Ketika membaca novel, maka yang berperan adalah sikap apresiatif atau daya penghayalan kita.

Tidak ada komentar: