MAKALAH TEKIN
BAHASA INDONESIA
NAMA FANNYSYAH RAKHMAWATY
KELAS XII IPA 2
Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta
Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan Zaman dan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat. Saya sebagai penyusun bahan situs individu ini mengatakan bahwa Bahan Situs individu ini dibuat untuk memenuhi tugas Teknologi informasi dan Komunikasi.
Bahan Situs Individu ini berisi tentang memahami bacaan, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, be4rbicara didepan umum dan berdiskusi.
Dengan disusunnya Bahan Situs Individu ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amieeen…..
Penyusun
Pendahuluan
Daftar Isi
BAB II
Memahami Bacaan
Berbicara Dengan Bahasa Yang Baik dan Benar
Berbicara Didepan Umum
Berdiskusi
BAB III
Latihan Pilihan Ganda
Latihan Essay
Kunci Jawaban
BAB IV
Penutup
Daftar Pustaka
A. Memahami dan Menanggapi Isi Bacaan
Memahami isi bacaan berarti menangkap seluruh isi bacaan tersebut secara benar.
Contoh kalimat
Pencemaran lingkungan oleh limbah rumah tangga,lingkungan,peternakan,dan industri sering mengakibatkan terjadinyagangguan terhadap kesehatan manusia.
Tanggapan terhadap pernyataan tersebut bisa berupa persetujuan, misalnya dengan tindakan pemeliharaan kebersihan lingkungan.
B. Membaca Dalam Hati Sebuah Artikel
Membaca dalam hati adalah cara membaca dengan tidak dikeraskan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca dalam hati adalah mata dan ingatan.
C. Membaca Kesesuaian Pertanyaan dengan Bacaan
Membaca dengan didasari pertanyaan merupakan cara membaca yang sangat baik. Dengan cara demikian, kita akan selalu waspada dan selalu siap pada setiap bagian yang dikemukakan dalam bacaan itu.
D. Menanggapi Isi Berita Dalam Surat kabar Atau Majalah
Menanggapi berita berarti kita bertindak evaluatif & bersikaf objektif terhadap informasi actual yang kita terima. Bertindak evaluatif yaitu melakukan penilaian. Bertindak Objektif berarti kita menghadapi berita itu secara apa adanya.
1
E. Menentukan Fakta dan Pendapat dari Bacaan
Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Pendapat atau opini ialah pikiran atau tanggapan, terhadap sesuatu hal.
F. Menentukan Suatu Konsep Berdasarkan Informasi yang Disajikan
Konsep adalah rumusan abstrak tentang suatu kata atau hal. Konsep dapat diidentifikasi melalui sejumlah cirri atau data yang terdapat dalam kata itu. Misalnya, Untuk memahami konsep adil dapat diidentifikasi melalui penerapan kata yang digunakan oleh masyarakat.
(1). Kak, kalua kue harus adil, dong!masa saya kebagian sepotong.
(2). Keadailan di negeri kita belum berjalan dengan baik. Buktinya kesenjangan hidup antara satu daerah dengan daerah lain masih begitu menganga.
Dari pernyataan itulah kita dapat memperoleh gambaran tentang konsep adil. Secara umum adil bermakna perlakuan yang sama atau seimbang.
G. Membaca Sekilas Berbagai Bacaan dan Mencatat Gagasan Pokok
Membaca sekilas (skimming) adalah jenis membaca yang menuntun mata bergerak cepat dalam melihat dan memperlihatkan materi bacaan.
Tujuan membaca sekilas
1). Menentukan materi-materi tertentu secara cepat
2). Menentukan gagasan umum dari materi yang dibaca.
H. Menyimpulkan Isi Berita yang Benar
Menyimpulkan isi berita berarti menanggapi pernyataan-pernyataan suatu pemberitaan.
Pihak berwajib dibantu warga masyarakat dan nelayan Dsa Tanjungsari, juana,Kabupaten pati hingga JUmat masih terus melakukan upaya pencarian terhadap dua nelayan. Kedua nelayan tersebut hilang di laut setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam ditabrak kapal, di perairan Juana Pati.
2
Kesimpulan yang dapat dirumuskan dari penggalan berita diatas adalah bahwa masyarakat nelayan Tanjungsari memiliki keperdulian yang tinggi terhadap sesamanya.
I. Membaca Nyaring
Membaca nyaring merupakan membaca dengan disuarakan, yakni dengan tujuan agar pembaca dengan orang lain atau pendengar secara bersama-sama dapat memahami pikiran dan perasaan pengarang.
Hal yang harus pembaca tahu :
Kapan ia harus melakukan jeda panjang & jeda pendek
Kata apa yang harus dinyatakan secara semangat atau lembut
J. Membaca Undang-Undang, Peraturan dan Tata Tertib
Undang-undang merupakan karya tulis yang mengandung kaidah-kaidah hokum.
Karena sifatnya permanent, kita tidak bisa sekehendak hati mengubah teks tersebut ke dalam bentuk lain. Hal ini sekaligus berfungsi sebagai bahan kesejarahan. Karena itu, baik ketika membaca atau menuliskanya, dituntut untuk memperlakukan secara hati-hati, mempertahankan kemurnian & orsinalitasnya dengan tidak menambah-nambah ataupun mengurangi.
K. Membaca Novel
Ketika membaca novel, maka yang berperan adalah sikap apresiatif atau daya penghayalan kita.
A. Berbahasa Yang Baik dan Benar
Penggunaan Bahasa Indonesia dikatakan baik apabila bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan, orang yang berbicara, serta tempat bahasa yang digunakan. Sementara itu, penggunaan bahasa Indonesia dikatakan benar apabila bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa
Contoh, Alam pergi ke pasar dan melihat buah mangga yang besar dan kuning dijual orang. Alam tertarik, dan menawarnya. Kemudian terjadilah percakapan berikut.
+“ Berapaka harga mangga ini satu kilo gram?”
-”Sepuluh ribu, Pak”.
+”Bolehkah saya menawarnya enam ribu rupiah?”
-”Kalau beli banyak, boleh delapan ribu.”
+”Saya hanya akan membeli dua kilogram saja.”
Bagaimana pendapatmu setelah mendengar percakapan tersebut? Kalimat-kalimat yang diucapkan Alam kepada penjual mangga itu sidah benar. Kalimat-kalimatnya sesuai dengan kaidah bahasa
Akan tetapi, bahasa yang Alam gunakan dalam situasi tawar menawar itu terasa janggal. Alam menggunakan bahasa yang tidak cocok dengan situasi pasar. Bahasa Indonesia yang Alam gunakan tidak baik karena dalam bahasa percakapan ketika tawar-menawar di pasar tidak perlu menyusun kalimat dan menggunakan pilihan kata seperti di atas.
Ragam bahasa yang dituntut dalam tawar-menawar di pasar adalah ragam lisan yang santai. Kalimat-kalimat yang Alam gunakan sebenarnya cukup demikian:
+”Berapa satu kilo, pak?”
+” Enam ribu, boleh!”
+”Saya beli dua kilo saja!”
4
Dalam sebuah diskusi ilmiah, seorang pembicara berkata,”Setelah melihat perbedaan yang signifikan antara kedua pembicara, saya mengajak forum ini untuk menetapkan lebih dahulu prinsip-prinsip materi yang akan didiskusikan.” Bahasa yang diucapkan peserta diskusi diatas adalah bahasa yang baik dan benar, Bahasanya benar karena menggunakan kaidah bahasa yang tepat, juga bahasanya baik karena sesuai dengan situasai diskusi ilmiah. Penggunaan bahasa dalam diskusi tersebut adalah ragam bahas lisan yang resmi.
Bagaimana pula bahasa yang disampaikan orang ini?”Ma,Insya Allah, Anto akan balik bulan depan. Doakan, ya Ma. Minggu-minggu ini Anto lagi menghadapi ujian.” Bahasa yang digunakan Anto itu baik tetapi tidak benar.
B. Membedakan Ragam Bahasa Lisan dan Ragam Bahasa Tulisan
Ragam bahasa lisan digunakan dalam kehadiran lawan bicara.
Ragam bahasa tulisan juga memiliki keunggulan. Ketika ingin menyampaikan sesuatu, kita memiliki kesempatan yang lebih leluasa dalam memikirkan kata-kata yang tepat yang dapat kita gunakan. Bentuk akhir kalimat ragam tulisan tidak jarang merupakan hasil beberapa kali penyuntingan.
C. Mengemukakan Keinginan Dengan Alasan yang Logis
Misalnya, Kita ingin mengikuti perkumpulan sastra. Menurut kita,kegiatan tersebut memang baik. Namun hal itu belum tentu baik menurut orang tua. Disinilah pentingnya kemampuan mengutarakan alasan-alasan yang logis itu. Bila asalasa yang dikemukakan itu logis, tentunya tidak sulit bagi orang tua untuk menerima keinginan-keinginan itu.
5
D. Bermain Peran Untuk Menyampaikan Informasi Lewat Telephon
Telephon merupakan sarana komunikasi sangat vital peranannya dalam kehidupan manusia global.
E. Mencatat Hal-Hal Penting dari Berita Radio Atau Televisi
Yang diperlukan dalam menerima berita atau informasi:
Memahami secara jelas masalah yang disampaikan,
Membedakan informasi yang penting dan yang tidak penting,
Mencatat informasi secara benar dan cermat.
Pencatatan berita radio atau televisi, antara lain dapat dilakukan dengan cara berikut :
F. Menceritakan Kembali Berita yang Didengar
Hal penting yang harus diperhatikan ketika menyampaikan berita.
Akurat
Aktual,
Kritis,
G. Menyapaikan Pesan yang Diperoleh Dari Orang Lain
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerima pesan.
Tentukan secara jelas dari siapa dan kepada siapa pesan itu harus disampaikan.
Mintalah secara lebih jelas mengenai isi pesan yang perlu kita sampaikan itu.
Upayakan untuk selalu mencatat pesan-pesan itu.
Bila kita tidak sanggup memenuhi pesan-pesan itu kita hendaknya tidak sungkan-sungkan untuk menyampaikan ketidaksanggupan.
6
H. Menceritakan Kegiatan Atau Peristiwa
Tentu kita semua sepakat bahwa menceritakan sesuatu yang kita alami sendiri akan jauh lebih gampang ketimbang menceritakan sesuatu yang bersifat “konon kabarnya”.
I. Menceritakan Kembali Isi Novel
Supaya lebih menarik dalam bercerita maka diperlukan sejumlah kreasi sebagai pemikat.
Gunakan alat visualisasi, misalnya berupa gerak tangan dan mimic muka; atau dengan menggunakan media lain seperti gambar dan boneka. Alat-alat visualisasi ssperti ini penting, terutama untuk menjelaskan hal-hal yang abstrak.
Gunakan pertanyaan yang bersifat menantang, misalnya, bagaimana akhir kisahnya?
Pilihlah metode-metode penyampainnya yang bersifat menantang. Misalnya, dengan cara dialog.
Alur kisah tidak monoton, mulailah dari konflik yang biasa, yang kemudian dibawa kepada konflik-konflik yang lebih hebat.
A. Membawakan Susunan Acara Dalam Suatu Pertemuan
1. Penyusunan Acara
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan acara adalah sebagai berikut.
Adakan rembuk bersama dengan panitia dalam merumuskan bentuk-bentuk acara yang akan dilaksanakan.
Mengkonsultasikan cara yang telah disusun dengan pihak–pihak terlibat.
Menyusun acara hendaknya memperhatikan waktu, fasilitas, serta anggaran yang tersedia.
Susunlah acara itu semenarik mungkin, dengan membiarkan antara acara yang serius dengan yang santai, antara acara yang sangat diminati khalayak dengan yang kurang diminati.
2. Menyampaikan Acara Dalam Suatu Pertemuan.
Hal yang penting yang perlu diperhatikan oleh pembawa acara dalam kemampuannya dalam menjalin komunikasi dengan para pendengar. Hendaknya ia tidak kaku, baik dalam hal berbahasa ataupun
B.Menyampaikan Ceramah Dan Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan
Ceramah termasuk ke dalam jenis komunikasi
Seiring penceramah dituntut untuk memiliki kesanggupan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan baik. Dalam hal ini, ia diharapkan dapat:
1). Berbicara dengan bahasa yang jelas dan menarik,
2). Jawaban tidak menggurui dan tidak berbelit-belit,
3). Memelihara kontak mata dengan penanya serta hadirin pada umumnya,
1. Persiapan-Pesiapan Berpidato
Langkah-langkah persiapan berpidato:
Merumuskan ide-ide pokok yang akan dipidatokan
Mengumpulkan bahan
1). Bacaan yang menyajikan masalah yang berhubungan dengan materi pidato,
2). Teknik-teknik dan
3). Contoh naskah pidato,
4). Istilah-istilah populer, cerita, atau humor-humor yang relevan
Mensortir materi
1). Pilihlah materi yang terbaik,
2). Pisahkan materi pokok dengan materi penunjang
3). Materi yang terlalu banyak tidak akan menghasilkan pidato yang baik
Pemahaman dan penghayatan materi
1). Mengkaji materi secara kritis
2). Meninjau kelayaka materi dengan khalayak (audien),
3). Meninjau materi yang kemungkinan menimbulkan pro dan kontra,
4). Menyusun sistematika materi,
5). Menguasai materi pidato berdasarkan jalan pikiran yang logis.
latihan berpidato
1). Menguasai secara utuh materi yang sudah dipersiapkan
2). Penghayatan terhadap suasana dan audien yang akan dihadapi
9
2. Pelaksanaan
Langkah-langkah pelaksanaan berpidato adalah sebagai berikut.
mengucapkan salam pembuka,misalnya “assalamualaikum”
Memperkenalkan diri
Awal;ilah pembicaraan dengan hal-hal yang sudah diketahui pendengar atau yang menjadi bahan pembicaraan hangat pada waktu itu.
Sampaikanlah materi utama yang hendak kita bicarakan. Hindarilah penyampaian materiyang sifatnya menggurui.
Tutuplah pidato dengan kesan yang baik. Ucapkanlah terima kasih kepada pihak-pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi terhadap terlaksananya pidato tersebut.
3. Mendengarkan Pidato dan Mengomentarinya
1). Sebagai sarana untuk belajar
2). Sebagai sarana hiburan
3). Sebagai sarana evaluasi
4). Menanggapi (responding).
4. Menganalisis Penggunaan Bahasa Dalam Berpidato
Contoh:
1). Kepentingan bangsa harus lebih diutamakan dong!
2). Mengapa saudara-saudara mau saja dikibulin?
Dalam kalimat tersebut ada penggunaan bahasa Indonesia yang bercampur baur dengan bahasa daerah & bahasa asing. Peristiwa tersebut dalam ilmu bahasa disebut campur kode.
Sebabnya,
1). Penyampaian pidato yang berada dalam suasana santai sehingga pembicara tidak merasa perlu untuk menggunakan bahasa
2). Pembicara tidak mengetahui padanya dalam bahasa
3). Pembicara ingin memberi kesan mentereng dihadapan para pendengarnya.
Jenis-Jenis Diskusi
Diskusi Kelompok
Diskusi kelompok ialah cara bertukar pikiran yang dilakukan melalui jalam musyawarah.
Petugas-petugas dalam diskusi kelompok.
pemimpin diskusi (moderator)
1). Berunding dengan peserta mengenai masalah yang akan didiskusikan maupun tata cara berdiskusi.
2). Menyiapkan rangkuman pokok masalah yang akan didiskusikan.
3). Membuka diskusi.
4). Mengatur jalannya diskusi secara adil.
5). Mebuat rangkuman dan menyimpulkan hasil diskusi.
6). Menutup diskusi.
Tugas Peserta
1). Mempersiapkan materi yang bertalian dengan masalah yang didiskusikan sebelum diskusi berlangsung.
2). Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi.
3). Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil diskusi.
Semiar
Seminar adalah bertemuan berkala yang diadakan oleh seseorang dalam rangka penyelesaian satu tugas. Tujuannya, untuk menemukan cara atau jalan keluar atau masalah yang mungkin timbul selama penyelesaian tugas-tugasnya itu.
Diskusi Panel
Diskusi panel adalah diskusi yang diikuti oleh seorang moderato, dua sampai empat orang pembicara, & diikuti oleh banyak peserta. Yang disebut pembicara adalah orang-orang yang bertugas menyajikan materi atau masalah diskusi. Diskusi panel bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pendengar mengenai suatu masalah.
11
Simposium
Simposium termasuk ke dalam bentuk diskusi umum. Simposium diikuti oleh seorang moderator, beberapa orang pembicara & banyak peserta, serta, kadang-kadang juga peninjau.
Tujuannya adalah membekali para peserta dengan sejumlah materi, wawasan, atau pun pengetahuan pelaksanaan symposium & untuk mengambil keputusan terhadap suatu masalah itu.
Konferensi
Konferensi biasanya diselenggarakan oleh suatu badan atau organisasi. Dalam konferensi dibicarakan mengenai masalah-masalah actual.
Tujuannya untuk mengambil keputusan ataupun langkah-langkah pentingyang menyangkut kepentingan badan atau organisasi yang bersangkutan.
Pelaksanaan Diskusi
Membahas Tawaran, Saran, dan Usulan Dalam Diskusi
A. Kesantunan bahasa ditandai oleh pemilihan kata yang btidak berpotensi menimbulkan konflik & ketersinggungan bagi orang lain.
B. Kejelasan & keadilan dalam berargumen, merupakan hal lain yang perlu kita perhatikan.
Menyanggah & Menolak Pendapat Secara Logis.
Hal yang perlu dihindari adalah terjadinya debat kusir,yakni berupa perselisihan pendapat yang tanpa didasari alasan-alasan yang jelas.
Format lain laporan hasil diskusi adalah sebagai berikut.
1). Pendahuluan
# Latar belakang pelaksanaan diskusi panel
# Tujuan-tujuan
# Langkah-langkah persiapan
2). Uraian Pelaksanaan
# Tempat dan waktu pelaksanaan
# Peserta
# Promosi jalannya diskusi
# Rumusan hasil diskusi
3). Penutup
# Kesimpulan
# Saran-saran
4). Lampiran-lampiran
I. Berikan tanda silang (x) huruf a,b,c,d, atau e pada jawaban yang paling benar!
1. menanggapi dan memahami isi bacaan
2. membaca dalam hati sebuah artikel
3. berbahasa yang baik dan benar
4. menceritakan kembali berita yang didengar
5. menceritakan kembali isi novel
Dari pernyataan diatas manakah pernyataan yang benar dari isi dalam memahami bacaan…..
a. 1 dan 2 d. 3,4,5
b. 1 dan 3 e. betul semua
c. 3 dan 4
Membaca sekilas disebut juga…………..
a. striping d. fakta
b. skimming e. opini
c. objektif
Apa yang berperan ketika membaca novel…..
a. sikap mengidentifikasi d. sikap subjektif
b. sikap kritis e. sikap aprsiatif
c. sikap objektif
14
Pada saat membaca dalam hati apa yang kita pergunakan…..
a. mata dan tangan
b. ingatan dan tangan
c. mata dan ingatan
d. mata dan hati
e. mata dan bibir
1. membedakan ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulisan.
2. mengemukakan keinginan dengan alasan yang logis.
3. menceritakan kembali berita yang didengar.
Dari pernyataan diatas termasuk dalam materi apa……
a. berbicara di depan umum
b menceritakan isi novel
c. berdiskusi
d. berbicara dengan bahasa yang baik dan benar
e. berpidato
Manakah yang termasuk dalam jenis-jenis diskusi….
a. diskusi kelompok
b. a,c,e benar
c.seminar
d. salah semua
e. diskusi panel
15
Apa yang harus ada dalam format laporan diskusi…
a. nama,alamat
b. hari,waktu,pembicara
c. tempat,waktu
d. judul alamat
e. nama dan judul
Manakah yang termasuk pernyataan sanggahan….
a. saya tidak sependapat denga saudara andy…
b. saya sependapat dengan apa yang telah dibicarakan oleh saudara lia…
c. saya setuju dengan pendapat anda…
d. maaf, saya sangat menerima pendapat yang saudara sampaikan…
e. saya rasa pendapat moderator itu benar…
Apa yang harus dibahas dalam sebuah diskusi…
a. sanggahan
b. opini
c. fakta,saran
d. tawaran,saran,usulan
e. mengemukakan kejelekan
16
Simposium mereupakan bagian dari…
a. seminar
b. konferensi
c. diskusi panel
d. deskusi kelompok
e. skimming
Apa yang harus dilakukan dalam diskusi…
a. bersikap tidak sopan
b. bersikap ceplas-ceplos
c. diam
d. selalu menyanggah pendapat orang lain
e. santun dalam bahasa dan menolak pendapat secara logis
Siapa sajakah yang bertugas dsalam diskusi kelompok…
a. pemimpin diskusi & peserta
b. peserta saja
c. pemimpin diskusi saja
d. penyaji saja
e. penonton
Diskusi yang diikuti oleh seorang moderator, dua sampai empat orang pembicara & diikuti oleh banyak peserta disebut…
a. diskusi kelompok
b. konferensi
c. symposium
d. diskusi panel
e. seminar
17
Dengan kereta tersebut Jakarta-Bandung dapat ditempuh dalam waktu dua jam, sedangkan jakarta –Surabaya selama sembilan jam. Kalimat tersebut merupakan kalimat……
a. argumentasi d. opini
b. narasi e. sanggahan
c. fakta
Salah satu langkah pelaksanaan berpidato adalah…..
a.diam
b. marah-marah
c. mengucapkan salam
d. mengucapkan maaf
e. menyampaikan materi dengan cara menggurui
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!!!
ESSAI
Tuliskan kalimat yang memakai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Tuliskan format lain laporan hasil diskusi!
Tuliskan hal yang diperlukan dalam menerima berita & informasi!
Tuliskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerima pesan!
Apa saja yang harus dipersiapkan dalam berpidato!
ESSAI
1. “Ma, Insya Allah Anto akan pulang bulan depan. Doakan, ya Ma. Minggu-minggu ini Anto sedang menghadapi ujian.”
2. 1). Pendahuluan
# Latar belakang pelaksanaan diskusi panel
# Tujuan-tujuan
# Langkah-langkah persiapan
2). Uraian Pelaksanaan
# Tempat dan waktu pelaksanaan
# Peserta
# Promosi jalannya diskusi
# Rumusan hasil diskusi
3). Penutup
# Kesimpulan
# Saran-saran
19
4). Lampiran-lampiran
3. *Memahami secara jelas masalah yang disampaikan,
*Membedakan informasi yang penting dan yang tidak penting,
*Mencatat informasi secara benar dan cermat.
4. #Tentukan secara jelas dari siapa dan kepada siapa pesan itu harus disampaikan.
#Mintalah secara lebih jelas mengenai isi pesan yang perlu kita sampaikan itu.
#Upayakan untuk selalu mencatat pesan-pesan itu.
#Bila kita tidak sanggup memenuhi pesan-pesan itu kita hendaknya tidak sungkan-sungkan untuk menyampaikan ketidaksanggupan.
5. Persiapan-Pesiapan Berpidato
Langkah-langkah persiapan berpidato:
#Merumuskan ide-ide pokok yang akan dipidatokan
#Mengumpulkan bahan
1). Bacaan yang menyajikan masalah yang berhubungan dengan materi pidato,
2). Teknik-teknik dan gaya berpidato
3). Contoh naskah pidato,
4). Istilah-istilah populer, cerita, atau humor-humor yang relevan
#Mensortir materi
1). Pilihlah materi yang terbaik,
2). Pisahkan materi pokok dengan materi penunjang
3). Materi yang terlalu banyak tidak akan menghasilkan pidato yang baik
#Pemahaman dan penghayatan materi
1). Mengkaji materi secara kritis
2). Meninjau kelayaka materi dengan khalayak (audien),
3). Meninjau materi yang kemungkinan menimbulkan pro dan kontra,
20
4). Menyusun sistematika materi,
5). Menguasai materi pidato berdasarkan jalan pikiran yang logis.
#latihan berpidato
1). Menguasai secara utuh materi yang sudah dipersiapkan
2). Penghayatan terhadap suasana dan audien yang akan dihadapi
Bapak Akhmad sulaiman spd.i